Prabowo - hatta menang telak!

Pasangan Prabowo-Hatta menang telak dalam Pilpres di Situbondo. Kemenangan pasangan nomor urut satu itu terjadi hampir di seluruh kecamatan di Situbondo.

Hanya satu Kecamatan saja yang perolehan suaranya didominasi oleh pasangan Jokowi-JK, yakni Kecamatan Banyuputih. Di kecamatan itu pasangan Jokowi-JK meraup 14.886 suara, sementara pasangan Prabowo-Hatta mengantongi 10.680 suara.

Kemenangan pasangan Prabowo-Hatta itu secara resmi telah ditetapkan KPU Situbondo melalui sidang pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil Pilpres Kabupaten Situbondo, Rabu (16/7/2014). Perolehan suara pasangan Prabowo-Hatta mencapai 220.034 suara. Sementara pasangan Jokowi-JK mendapatkan 153.018 suara. Dengan begitu, terdapat selisih 67.016 perolehan suara kedua pasangan calon.

Sumbangsih terbesar perolehan suara Prabowo-Hatta di antaranya berasal dari Kecamatan Panji yang mencapai 24.436 suara. Sedangkan pasangan Jokowi -JK mendapatkan 17.923 suara di kecamatan yang sama. Selain itu, di Kecamatan Besuki, pasangan Prabowo-Hatta mendapatkan 22.138 suara, sementara pasangan Jokowi-JK 12.514 suara.

"Rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten sudah ditetapkan lewat sidang pleno, setelah buka puasa tadi. Pasangan nomor urut satu unggul atas pasangan nomor urut dua, dengan selisih 67.016 suara. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar," kata Ketua KPU Situbondo, Joedo Fadjar Riawan.

Sidang pleno rekapitulasi suara Pilpres di Situbondo berlangsung cukup cepat, dengan pengawalan ketat aparat keamanan, bertempat di Gedung Bhayangkara Jananuraga Polres Situbondo. Sidang dimulai pukul 14.45 WIb dan berhasil dirampungkan sekitar pukul 18.00 WIb.

"KPU Situbondo termasuk salah satu kabupaten tercepat mengirimkan formulir C-1," sambung Joedo.

Selama sidang pleno rekapitulasi berlangsung, hampir tidak ada masalah dugaan kecurangan maupun pelanggaran yang cukup mengejutkan. Hanya saja, pihak Panwaslu Situbondo sempat menyampaikan temuannya, yakni terkait adanya surat suara tambahan 2 persen yang diduga bertambah dan berkurang satu suara.

Temuan demikian konon terjadi di beberapa TPS di Desa Wringinanom Kecamatan Panarukan. Karena itu, Panwaslu merekomendasikan agar segera diperbaiki. "Sehingga nantinya tidak ada lagi kesalahan yang ditemukan," tandas Imam Nawawi, anggota Panwaslu Situbondo.

Menanggapi itu, Ketua KPU Situbondo Joedo Fadjar Riawan menjelaskan, jika temuan Panwaslu itu dimungkinkan hanya perbedaan persepsi saja. Menurut Joedo, penambahan maupun berkurangnya surat suara itu tidak berpengaruh pada perolehan suara masing-masing calon. Karena itu ada pada ketentuan tambahan dua persen.

"Malam ini akan diselesaikan. Karena itu hanya perbedaan persepsi mengenai surat suara tambahan," pungkas Joedo.

Sumber: detik

0 Response to "Prabowo - hatta menang telak!"

Posting Komentar