Faktor Penentu Fresh Graduate dalam melamar pekerjaan

Bagaimanakah cara kamu melamar kerja disebuah perusahaan saat ini? bagi seorang fresh graduate pasti merasa bingung bagaimana cara anda melamar yang tepat sesuai dengan kriteria perusahaan. berikut adalah kisi-kisi cara agar bagaimana agar lamaran kamu bisa diterima, dan bagaimana seharusnya bersikap sebagai fresh graduate.

Foto Ilustration: Amanda-Georgia College & State University in Milledgeville

Fokus terhadap CV atau Resume

Jangan sepelekan CV atau Resume, karena hal pertama yang dilihat oleh HRD adalah bagaimana kamu menulis isi dari CV atau Resume tersebut. Salah satu HRD Manager Bank Ternama di Indonesia mengatakan “setiap pelamar harus menguasai kata demi kata yang ia tulis dalam CV atau Resumenya, karena saya akan menanyakan kata – kata yang menarik dalam CV tersebut. Jadi tulis CV kamu dengan sungguh – sungguh dan pahami setiap kata-katanya”. Jangan sekali – kali untuk menduplikasi CV atau Resume miliki teman kamu, buatlah semenarik mungkin sesuai dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.

Lebih Spesifik

Masih dalam kriteria CV yang baik, jangan menulis hal – hal pendukung yang tidak berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Kamu harus lebih spesifik dalam menulis pengalaman kamu. Contohnya jika kamu ingin melamar sebagai jurnalis maka kamu masukkan pengalamanan, seminar atau lomba menulis di kampus atau dimana saja. Jangan sampai kamu melamar sebagai jurnalis tetapi kamu masukkan pengalaman sebagai kru sebuah event. Sebenarnya tidak salah untuk menulis pengalaman seperti itu tetapi lebih baik kamu menuliskan pengalaman yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar. Baca lebih lengkap bagaimana membuat cover leter (CV) yang baik...

Well-Planned

Sebagai mahasiswa yang baru lulus pasti kurang berpengalaman dalam melamar pekerjaan, apapun yang akan kamu kerjakan lebih baik harus memiliki rencana yang matang. Jika kamu akan melamar pekerjaan, kamu jangan melamar di satu perusahaan lalu menunggu kapan akan dipanggil lalu kamu tidak melakukan apa-apa. Yang harus kamu lakukan adalah kamu merencakan setelah apabila kamu tidak dipanggil oleh perusahaan yang kamu lamar, kamu harus mencari alternatif lain agar waktu kamu tidak terbuang sia – sia.

Networking

Jangan kamu kira orang yang suka main keluar rumah susah mencari kerja dibanding dengan orang yang memiliki IPK tinggi tetapi hanya dirumah saja. Bagi mereka yang suka bermain mereka lebih memiliki teman yang banyak yang bisa membantu mereka dalam mendapatkan pekerjaan. Itulah yang dinamakan Networking, perbanyak teman kamu karena banyak teman banyak rejeki.

Get Ready to Interview

HRD akan menilai seseorang ketika interview yaitu dari 15 detik dari awal ia memasuki ruangan. First Impression itu sangat penting, sama halnya ketika kita akan berkenalan dengan seseorang yang kita suka. Dan satu lagi yang terpenting attitude juga salah satu hal penting setelah first impression ketika bertemu dengan HRD. Good Luck!

0 Response to "Faktor Penentu Fresh Graduate dalam melamar pekerjaan"

Posting Komentar