Kendaraan Listrik

Banyak produsen di seluruh dunia menginvestasikan dana besar dalam pengembangan kendaraan listrik, didorong oleh peningkatan yang stabil harga minyak dunia, kebutuhan untuk mengurangi emisi dari mobil, serta pengembangan perangkat penyimpanan energi, teknologi konsumsi daya.

Saat ini, pasar terbesar untuk mobil listrik adalah Amerika Serikat, Jepang, China dan beberapa negara Eropa (Perancis, Belanda, Norwegia, Jerman, Inggris). Produsen berdiri listrik dari Nissan (Leaf), Mitsubishi (I MiEV), Toyota (RAV4EV), Honda (FitEV), Ford (Focus Electric), Tesla (Roadster dan Model S), Renault (Fluence ZE dan ZOE), BMW ( Active C), Volvo (C30 Electric).

Dengan istilah "kendaraan listrik" atau "listrik" mengacu pada kendaraan yang digerakkan oleh satu atau lebih motor listrik. Dalam tenaga listrik ini dapat dipasok dari baterai, tenaga surya atau bahan bakar sel. Sedangkan Pengembangan yang paling populer adalah baterai.

Dalam perkembangan nya mobil listrik dibagi menjadi 3 bagian:
  1. Mobil listrik Kota ( kecepatan maksimum 100 km / jam );
  2. Kendaraan Umum (kecepatan maksimum lebih dari 100 km / jam );
  3. Balap ( kecepatan maksimum lebih dari 200 km / h ).
Unsur-unsur struktur utama mobil listrik adalah: baterai, motor, transmisi, on-board charger, inverter, DC-DC converter, sistem kontrol elektronik.
contoh Sebuah sirkuit listrik Mitsubishi i-MiEV

1. sensor tekanan dalam sistem rem;
2. steering listrik ;
3. panel instrumen;
4. akselerator sensor posisi pedal ;
5. rem sensor posisi pedal;
6. Posisi gear selector sensor;
7. unit kontrol Listrik kendaraan;
8. Unit kontrol Baterai;
9. on-board charger;
10. Converter DC-DC;
11. ECU;
12. inverter;
13. motor;
14. tingkat baterai;
15. modul baterai;
16. misi;
17. kompresor AC;
18. pemanas;
19. konektor untuk pengisian normal;
20. konektor untuk pengisian cepat


biaya Operasi  untuk mobil listrik jauh lebih rendah (3-4 kali) nya biaya dibanding dengan bahan bakar minyak namun hal ini sangatlah tergantung pada biaya listrik. dimana proses produksi tenaga listrik masih menggunakan bahan bakar minyak/fosil.  

0 Response to "Kendaraan Listrik"

Posting Komentar