Manfaat madu dan Cara lebah memproduksinya

Tahukah anda bahwa cairan yang terkandung dalam madu adalah termasuk salah satu benda cair yang tergolong ajaib, bahwa cairan madu memberikan manfaat untuk menambah stamina bagi tubuh.Maka anda jangan kaget apabila madu ini insyaallah mampu mengobati macam-macam jenis penyakit dan juga untuk kecantikan.

alasan apa saja biasanya orang meminum madu untuk kesehatan? simak 10 alasan berikut:

1. untuk mengurangi batuk
ternyata madu dapat mengurangi batuk, penelitian dilakukan oleh college of medicine, dari 139 anak-anak. kandungan dekstrometorfan (DM) pada madu ternyata sangat berfungsi untuk menenangkan batuk, dan membuat tidur lebih nyenyak.

2. Mencegah kanker dan penyakit jantung
Kandungan Flavonoid yaitu sejenis antioksidan yang diserap tubuh saat meminum madu dapat mengurangi terjadinya resiko penyakit mematikan dan berbahaya, yaitu kanker dan serangan jantung.

3. Menambah daya ingat
daya ingat merupakan salah satu kualitas seorang manusia, sehingga sangat penting untuk menjaga daya ingat ini. Untungnya, alam ini sangat kaya dengan berbagai kebutuhan manusia, dan memberikan manfaat madu bagi siapa saja yang mengkonsumsi madu selama empat bulan sebanyak 20gr / sendok kecil dapat menambah daya ingat jangka pendeknya. (lansiran penelitian yang dilakukan oleh reuters, pada wanita menopause)

4. sebagai salah satu sumber nutrisi
kandungan lengkap seperti: Niacin, asam pantotenat, kalsium, tembaga, besi, magnesium, riboplavin, mangan, fosfor, kalium dan seng.

5.Mennghilangkan luka
madu dapat membunuh berbagai bakteri dalam luka. seperti luka; borok. luka di sterilkan dan dioleskan madu, maka luka tetap steril sampai sembuh.  untuk luka bakar, maka oleskan madu setiap 12 -48 jam.

6. madu dapat mencegah stress

7. mengobati sakit perut

8. mengobati tumor

9. mencegah sakit kuning

10. madu dapat digunakan sebagai pengganti gula, untuk mencegah diabetes.

dan masih banyak lagi manfaat yang terkandung dalam madu. siapa saja yang ingin memberikan kesehatan bagi tubuhnya, mengkonsumsi madu sangat lah baik bagi kesehatan.



Tahukah pemirsa, kalau lebah itu sangat bekerja keras untuk mengumpulkan madu? yang mana umur lebah hanya berusia sekitar 6 minggu saja,  lebih dari 100 kuntum bunga yang harus dilalui lebah untuk bisa mengumpulkan madu. penasaran  Bagaimana madu diproduksi oleh lebah dapat dilihat disini.

Diperkirakan lebih dari 5 juta bunga yang lebah datangi  untuk menghasilkan 1kg madu, dalam satu kali perjalanan lebah, setidaknya seekor lebah mampu mengunjungi sekitar 150 - 1500 lebih kuntum bunga, dan apabila perut lebah penuh terisi oleh madu, kandungannya hanya sekitar 70mg madu.
dalam setiap kali seekor lebah menemukan spot/lokasi adanya kumpulan tumbuhan bunga, maka lebah ini akan memberitahukan kepada koloninya untuk segera mengunjungi lokasi tersebut, dengan kata lain, lebah tersebut memberikan informasi tentang lokasi dan kadar nektar yang terkandung dalam bunga tersebut.

cara lebah pekerja menghasilkan madu adalah dengan menghisap nektar bunga, dan dikumpulkan sehingga penuh tertampung dalam perut khususnya, lebah akan kembali kesarangnya dan memindahkannya denganmenggunakan belalainya  ke lebah lainnya yang bertugas untuk mengolah nya menjadi madu.

lebah penerima/pengolah selanjutnya memproses madu tadi untuk ditambahkan enzim khusus yang memecah gula kompleks menjadi gula sederhana. proses ini dikenal sebagai inversi dalam dunia biologi. tahukah, bahwa madu dapat bertahan selama bertahun tahun tanpa pendinginan, salah satunya karena konversi ini, yang menyebabkan madu sangat stabil terhadap bakteri dan jamur.

dalam satu tahun, koloni lebah mengkonsumsi lebih dari 98kg madu. padahal, selama umur hidup seekor lebah, dia hanya mampu menghasilkan 1/12 sendok teh saja.

0 Response to "Manfaat madu dan Cara lebah memproduksinya"

Posting Komentar